Google
 
Thanks for visiting! This blog posts regular news about mountainbike, events, reviews, race and much more. Go ahead, subscribe to our posts!(after subscribe pls check your inbox for confirmation)

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Friday, November 14, 2008

Memperbaiki Rem yang Bergesek

diterjemahkan dari artikel mbaction

Jaga suhu
Rem cakram merubah kecepatan dan energi sepeda menjadi panas. Ketika anda mengerem dengan kencang, akan dihasilkan sejumlah panas (di cakram, pad, kaliper dan bahkan di cairan rem). Jadi, sebelum menyentuh bagian mana saja dari sistem rem, pastikan mereka telah mendingin


Hilangkan lapisan: Bersihkan cakram rem dengan kain lembab yang dibasahi dengan alkohol isopropil. Lapisan ini dihilangkan untuk mencegah sisa-sisa minyak atau lemak yang terdapat di disc. Kurangi kemungkinan terluka dengan mencopot roda ketika membersihkan.

Hidrolik dan Mekanik
Rem cakram terbagi dalam dua jenis: hidrolik dan mekanikal. Memencet lever rem sistem rem cakram hidrolik menekan piston yang akan menekan cairan yang mengalir di selang ke kaliper rem yang terpasang di batang sepeda anda atau di bagian fork. Begitu tekanan meningkat mencapai kaliper, dia akan menekan pad melawan cakram rem.
Rem cakram mekanikal melakukan hal yang sama, tetapi tidak menggunakan tekanan cairan yang menekan di dalam selang, sebuah kabel dari lever rem ke kaliper akan menggerakkan pad rem.


Permukaan yang bersih: Cari masalah yang terlihat sebelum anda mulai mencabut pad rem untuk menghilangkan bunyi. Yakinkan drop out bersih. Cari adanya cat yang terkelupas atau permukaan yang rusak yang dapat mengakibatkan roda tidak terpasang secara benar. Drop out di gambar ini tidak bermasalah.

Kemampuan pad
Kami sangat merekomendasikan agar di tool box anda tersimpan beberapa pad rem setiap waktu. Pad rem menjadi aus secara berbeda-beda bergantung dari material pembuatnya, kondisi ketika anda bersepeda dan cara anda mengerem. Beberapa rider bisa memakai sepasang pad selama setahun, tetapi rider yang lebih agresif yang bersepeda di kondisi yang lebih berat bisa saja menghabiskan pad rem dalam hitungan bulan. Untuk kedua kondisi diatas, ketika pad rem telah habis masa pakainya, hal itu akan terjadi dengan cepat. Mempunyai set cadangan di tool box merupakan perbedaan antara akan bersepeda besok atau menunggu sampai pesanan pad tiba. Pesan satu set sekarang.


Kencangkan: Tanda-tanda lain dari rem yang berbunyi barangkali pemasangan sekrup yang kendor. Kebanyakan disc brake membutuhkan kunci Torx T-25 untuk mengencangkan sekrup nya. Ide bagus untuk mencek sekrup ini walaupun ketika rem tidak ada masalah.

Pad rem untuk sistem mekanikal atau hidrolik tersedia dalam bermacam kompun. Secara umum bahan organik yang lebih lembut (atau resin) mempunyai kecenderungan suaranya tidak berisik ketika digunakan dan menawarkan lebih banyak modulasi. Barang ini yang paling cepat ausnya.
Pad metalik (atau semi metalik) lebih tahan lama, terutama dalam kondisi basah dan berlumpur. Mengombinasikan kedua jenis pad (satu metalik dan satu organik) dapat menjadi hal yang paling disukai tetapi membutuhkan perhatian lebih banyak (karena pad organik nya akan aus lebih cepat daripada pad metalik nya).


Renggangkan: Jika jarak pad terlalu sempit (A),


ambil obeng, hati-hati selipkan ke dalam dan putar pegangannya (B)


Jangan memaksa obeng, karena anda dapat merusak permukaan pad, mengurangi masa hidupnya. Setelah melakukan ini pad harus benar letaknya dan siap untuk menjepit cakram(C)

ROTOR PEMBUNUH
Rotor rem mengakibatkan lebih banyak kecelakaan pada mountain biker setiap tahunnya daripada drop mendadak di bagian Atas A-Line di Whistler Mountainbike Park. Jangan letakkan jari dekat-dekat rotor ketika sedang memutar roda. Bahkan ada mekanik profesional telah kehilangan ujung jarinya karena rotor rem yang berputar. Anda bisa mengalami luka bahkan ketika mengenakan sarung tangan. Jika anda lelah, bosan atau tidak konsentrasi, tunggu lain waktu untuk memperbaiki rem.


Bengkokan kembali: perhatikan ketika rotor berputar melalui kaliper. Jika rotor oleng, gunakan alat seperti Park Tools DT-2 Rotor Truing Fork untuk memperbaiki lengkungan. Cakram cukup fleksibel sehingga jangan melakukannya berlebihan. Sedikit tekanan sudah cukup.

Mulai dengan yang terlihat
Sebelum anda berkutat dengan mengganti pad rem, meluruskan cakram atau menumpuk ganjal, pastikan roda terpasang dengan benar di fork dan di batangnya. Cat yang terkelupas, lumpur atau per quick release yang bengkok dapat mengganggu kemampuan rem. Tarik keluar roda, cek dropout nya, ganti ban dan kencangkan quick release. Hal ini dapat memperbaiki sekitar 37 % dari semua masalah rem yang berbunyi.

INSPEKSI CAKRAM
1. Letakkan sepeda di bike stand sehingga kedua roda bisa berputar bebas
2. Putar ban dan dengarkan. Cakram seharusnya tidak menyentuh apapun ketika sedang berputar melalui kaliper rem
3. Jika cakram bergesek, periksa cakram adanya kotoran atau sisa-sisa dari pad rem. Gunakan alkohol isopropil atau cairan yang serupa untuk membersihkan permukaan cakram. Menggunakan cairan pembersih yang mengandung minyak atau meninggalkan sisa berminyak dapat mengkontaminasi pad rem dan mengganggu kemampuannya.
4. Perhatikan cakram yang sedang berputar. Cari adanya oleng ketika cakram berputar melalui kaliper.
5. Cek pemasangan sekrup cakram untuk meyakinkan cakram benar-benar terpasang dengan baik ke hub. Sistem yang paling umum adalah menggunakan 6 sekrup. Kebanyakan sekrup cakram menggunakan kepala Torx, soket kepala 12 poin dan dibutuhkan kunci Torx T-25 untuk mengencangkannya. Jika anda dapatkan ada yang kendor, kencangkan sesuai dengan spesifikasi pabrik (biasanya antara 40 – 60 inci-pound) Gunakan pengunci thread (Blue Loctite) pada threads. Beberapa cakram shimano menggunakan sistem pengunci tengah dengan lockring, serupa dengan lockring kaset. Cakram ini membutuhkan alat kaset untuk mengencangkannya.
6. Jika semuanya sudah kencang, periksa cakram apakah ada kerusakan atau cacat. Sebelum mengganti cakram yang bengkok, coba luruskan dengan alat seperti Park Tool Rotor Truing Fork. Perhatikan oleng di kaliper. Letakkan bagian panjang dari alat ini diatas cakram dan tarik atau tekan . Jangan terlalu bertenaga. Hanya sedikit tekanan yang dibutuhkan untuk meluruskan cakram. Kadang diperlukan untuk meluruskan cakram di bagian lengan cakram nya, yaitu ketika ada bengkokan yang panjang pada perimeter rotor. Gunakan bagian yang pendek dari alat itu. Dengan begini dimungkinkan alat ini untuk berada 90 o melawan arah cakram. Jika ada kerusakan parah pada cakram lebih baik diganti saja.


Ganti saja: ketika pad rem tebalnya kurang dari 3 mm (termasuk alasnya), sudah waktunya untuk mengganti dengan yang baru.

MASIH BUNYI?
Anda sudah mencek bahwa cakram bersih, lurus dan terpasang dengan baik, tapi masih ada bunyi mendecit ketika roda diputar. Waktunya untuk mencek pad rem

1. Cabut ban dan periksa pad rem adanya kotoran, kerusakan atau aus. Bandingkan dengan pad yang baru
2. Anda barangkali perlu untuk melepas pad rem untuk inspeksi yang lebih baik. Anda membutuhkan manual pemilik untuk secara benar mengeluarkan dan menggantinya. Aturannya adalah jika pad tebalnya kurang dari 3 mm termasuk alasnya, ganti saja.
3. Kami sudah pernah mengalami rem yang berbunyi karena kerusakan per pad (kandang kecil yang mengelilingi pad rem ketika mereka dijepit di kaliper rem), jadi jangan lupa untuk menceknya.


Ambil kartu saya:Pegang kartu nama pada kedua sisi cakram dan secara hati-hati putar kearah kaliper rem. Tekan rem beberapa kali. Keluarkan kartunya. Cara ini telah digunakan untuk menghilangkan bunyi berjuta-juta rem yang mendecit.

MENSET HIDROLIK
Rem hidrolik sistem terbuka bisa berubah sendiri jika aus. Kadang-kadang pad bergerak terlalu dekat ke cakram dan bergesekan. Beberapa kali kaliper perlu di reset karena seseorang memencet lever rem ketika roda sedang tidak dipasang. Ini yang harus dilakukan:
1. Jika pad masih dalam keadaan baik, secara hati-hati selipkan obeng yang bersih, datar dengan ujung yang agak tajam diantara pad. Gerakkan obeng melewati bagian tengah piston kaliper dan jauhkan pad dengan memutar pegangan obeng sampai kamu merubah piston kaliper melebih ketebalan cakram rem
2. Pasang kembali roda. Ambil dua kartu nama dan selipkan diantara pad rem dan di kedua sisi cakram
3. Pastikan sepeda anda tegak. Tekan lever rem sampai silinder utama memompa cukup cairan ke kaliper lalu kembalikan pad ke posisi mereka yang benar (lever akan terasa keras ketika kamu memencetnya)
4. Tarik keluar kartu namanya dan pompa lever rem perlahan beberapa kali. Jika menggunakan rem cakram mekanik, merubah tekanan kabel sama gunanya seperti apa yang dilakukan untuk rem hidrolik diatas.


Pemeriksaan Pad: Jika diperlukan tarik pad rem (ikuti manual pemilik anda) dan cari aus yang berlibihan atau tidak rata. Periksa kerusakan atau kontaminasi pada permukaan pad. Cek juga per laba-laba (mereka bisa menimbulkan bunyi-bunyian yang tidak diinginkan jika rusak atau aus)

BELUM SEMBUH JUGA
Bunyi gesek tetap ada?
Kaliper rem anda menggunakan ganjal atau bracket yang dengan sedikit pengesetan mengepas letaknya dengan cakram rem

1. Dengan roda terpasang di sepeda dan sepeda terpasang di standar, putar roda dan lihat dari atas posisi dimana cakram memasuki kaliper. Apakah kaliper terletak kira-kira ditengah-tengah cakram?
2. Jika tidak ditengah anda perlu untuk menambah atau menghilangkan ganjal atau mengendorkan pemasangan hardware kaliper untuk memposisikan kaliper dengan benar. Hal ini membutuhkan trial dan error dan kesabaran. Kadang-kadang anda dapat posisi kaliper yang sempurna, tetapi ketika mengencangkan sekrup posisinya berubah lagi. Sekali lagi, bersabarlah.
3. Jika anda menggunakan lebih dari dua atau tiga ganjal untuk memposisikan kaliper dengan benar, anda bisa saja salah memasang kaliper atau sekrup. Batang sepeda atau fork juga harus benar menghadap kemana hardware atau kaliper terpasang. Toko sepeda bisa menolong anda dalam hal ini.

3 comments:

Unknown said...

Terima kasih ini sangat membantu 😁😁

Anonymous said...

Makasih...

Agnes Maria said...

Thx untuk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/ternyata-rem-sepeda-perlu-disetel-lho/